Kunyit, Si Kuning Kaya Manfaat

Hello
proud to can post agaain wohooo !

sebelumnya mau curcol dikit boleh laaah~
maaf karena jarak post [again] lama, karena bener-bener disibukkan dengan tugas akhir semester yang bisa buat kepala rasanya mau pecah kalau mikirin masalah jadwal. karena semua dilaksanakan serba berantakan, serba cepet-cepet dan serba pasrah dan apa adanya aja !
kayaknya hari demi hari cuma dilaluin dengan ujian dan ujian berganti step tiap hari dan kalau kalian ngerasain mungkin kalian gak siap mental !

minggu kemarin gue buka email dan gue bener-bener excited karena banyak banget yang send me email mereka minta untuk di post beberapa artikel, tapi maaf sebelumnya gak bisa semua terwujudkan sekarang, karena masih bener-bener DieLine bukan deadline lagi! buat semua yang mau send me email, boleh kok silakan ke [onchika@rocketmail.com] waiting for your email :)

oke, semua udah baca kan judulnya. yap gue bakal bahas tentang kunyit :D
kunyit adalah salah satu jenis bahan rempah milik INDONESIA yang sudah mendunia dan sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat Indonesia untuk beberapa jenis masakan. Selain itu, penggunaan kunyit sebagai obat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit juga sudah mulai digunakan sejak dulu.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejumlah manfaat kunyit sebagai salah satu tanaman obat makin banyak ditemukan. dan ternyata kunyit bukan cuma buat obat sama pewarna makanan loh guys, kunyit bisa digunakan untuk kecantikan, so buat ladies khususnya kalo ada yang herbal kenapa pilih yang mahal?

oke kita bahas manfaat-manfaatnya yaaaa~
check this ouuut !

Berikut adalah manfaat atau khasiat  kunyit untuk pengobatan:
  1. Kunyit memiliki kemampuan meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin memiliki kemamputan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru sehingga dengan kemampuan ini kunyit dapat mencegah dan mengobati kanker.
  3. Efek farmakologis yang terkandung dalam kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa lelah dan nyeri saat datang bulan atau haid.
  4. Kunyit mampu sebagai antikoagulan alami yang dapat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis.
  5. Kunyit memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, mengobati diare, sakit lambung,rematik, usus buntu dan asma.
  6. Sifat analgesik alami kunyit dapat mengurangi rasa nyeri. Sifat analgesik dan antiinflamasinya kunyit dapat mengobati artritis dan rheumatoid artritis.
  7. Kunyit berpotensi memperpanjang jangka waktu abilitas kognitif otak sehingga dapat menghambat penyakit pikun
  8. Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat menjaga kesehatan kulit anda, kunyit juga dapat membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh
  9. Melindungi tubuh dari serangan leukemia
  10. Membantu menghilangkan racun serta bahan kimia negatif dalam tubuh.
  11. Baik dikonsumsi bagi anda yg sedang menjalankan program diet, karena kunyit dapat membantu menurunkan berat tubuh
  12. Membantu melancarkan asi pada ibu menyusui
  13. Mengobati maag pada lambung
  14. Mengobati amandel, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, morbili
Selain dapat memberikan manfaat, ternyata kunyit juga bisa menimbulkan efek samping pada tubuh, antara lain :
  • Menyebabkan gangguan pada lambung
  • Bisa menimbulkan rangsangan pada rahim, sehingga wanita hamil dan ibu menyusui sebisa mungkin mengurangi konsumsi kunyit.
  • Sejumlah zat/senyawa dalam kunyit sebagian sukar diserap oleh tubuh, sehingga manfaat dari kunyit ini tidak bisa dimaksimalkan oleh tubuh.
  • Bagi anda yg sedang menjalankan kemoterapi, sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit karena bisa menurunkan efek kemoterapi
  •  Kunyit juga tidak diperbolehkan digunakan oleh penderita batu empedu dan orang lanjut 
this, pengolahan kunyit untuk berbagai penyakit :)

Demam Bahan: rimpang kunyit 20g,air matang 100ml
Cara pengolahan:
Bersihkan rimpang kunyit kemudian diparut. Campur hasil parutan dengan 100ml air. Kemudian peras dan saring.
Air hasil perasan kunyit diminum sebanyak 2 kali sehari.

Diare
Kunyit yang sudah diiris dicampur dengan 1 sendok air kapur sirih. Rebus dan aduk sampai rata. Setelah mendidih kemudian didinginkan dan disaring. Minum 3 kali sehari sampai sembuh.

Borok
Kunyit sebesar ibu jari diparut dan dicampur dengan 1 sendok air kapur sirih dan perasan 1 jeruk nipis, kemudian diaduk sampai rata. Oleskan ramuan tersebu ke bagian borok yang sakit.

Gatal dan Cacar Air
1 potong kunyit diblender dengan segenggam daun asam yang sudah dicuci. Kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus. Oleskan ramuan pada bagian cacar air atau tubuh yang gatal.

Keputihan
Parut kupasan kunyit tua sebanyak 15gram. Campurkan parutan dengan 150ml air asam dan gula jawa, kemudian aduk sampai merata. Peras campuran bahan tersebut kemudian saring dan minum setiap hari.

Radang amandel
Kunyit dengan besar setengah jari diparut dan dicampur dengan 2 sendok air minum. Aduk campuran tersebtu kemudian diperas. Hasil perasan dicampur dengan 1 kuning telur ayam kampung dan sedikit air kapur sirih. Aduk adonan sampai merata kemudian minum 1-2 kali sehari.

Radang gusi
Kunyit sebesar ibu jari dan 3 potong gambir diiris kemudian direbus dalam 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Air ramuan digunakan berkumur 3-4 kali sehari.

Haid
Bahan: Kunyit dan daun sigading (15gram), biji pala dan kapulaga (10ggram), ketumbar, jinten hitam dan cengkeh (5ggram).
Rebus semua bahan dengan 3 gelas air tunggu sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan kemudian dibagi menjadi 3 untuk diminum pagi, siang dan sore.

Perut Mulas pada saat Haid
Bahan: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm.
Parut semua bahan kemudian peras dan ambil air hasil perasannya. Hasil perasan tadi dicampur dengan perasan jeruk nipis. Seduh dengan setengah gelas air panas dan kemudian disaring.

Kesehatan kulit dan umum (jamu)
Bahan:rimpang kunyit segar 100 gram, air jeruk nipis 100ml, 1,5 sendok makan madu dan air secukupnya.
Kunyit ditumbuk atau dihaluskan blender. Kunyit yang sudah halus kemudian dicampurkan dengan madu dan air jeruk nipis. Tambahkan air secukupnya dan minum secara teratur 1-3 kali sehari.

Pengobatan Diabetes mellitus 
Rebus 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam ke dalam 1 liter air sampai mendidih. Kemudian dinginkan dan saring. Minum 2 kali seminggu, satu kali minuman sebanyak 1/2 gelas.

Untuk Sakit Tifus
Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto.
Semua bahan dicampur kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus. Peras campuran bahan yang sudah dihaluskan tadi untuk diambil airnya. Perasan ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat kemudian disaring. Minum selama 1 minggu berturut-turut.

Untuk Disentri
Rimpang kunyit 1-2 buah, gambir dan kapur sirih direbus dalam 2 gelas air sampai mendidih dan tinggal 1 gelas kemudian angkat. Saring hasil rebusan untuk diminum 1-2 kali sehari.

Memperlancar ASI
Tumbuk 1 rimpang kunyit sampai halus kemudian oleskan pada payudara sebanyak 1 kali setiap 2 hari.

Cangkrang (Waterproken)
Tumbuk atau blender 2 rimpang kunyit dan 1 genggam daun eceng kemudian oleskan pada bagian yang kena cangkrang.

Berak Lendir (Disentri)
Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih.
Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, kemudian saring. Minum 2 kali sehari 1/2 gelas pada waktu pagi dan sore hari.

Diare
Bahan: Rimpang kunyit 1/2 jari; Rasuk angin 1/2 sendok teh; Ketumbar 3 biji; Buah kayu ules 1 biji; daun trawas 1 helai,
Tumbuk atau blender semua bahan kemudian campur dengan 115 ml air dan panaskan sampai mendidih. Saring hasil rebusan. Minum pagi dan sore

Selain utnuk pengobatan kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan. Kunyit bisa digunakan untuk lulur supaya kulit menjadi halus.

 next cara mengolah kunyit untuk kecantikan :)

kunyit dapat menyamarkan flek, menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit

tips 1 "pengolahan kunyit untuk obat jerawat"
1. campur bubuk kunyit dengan sedikit perasan lemon
2. aduk hingga rata
3. setelah rata, oleskan pada wajah secara perlahan dan merata
4. tunggu hingga 15 menit dan bersihkan dengan air hangat.
untuk hasil maksimal lakukan setiap hari :)

tips 2 "kunyit untuk scrub tubuh"
1. campur bubuk kunyit dengan 5 tetes minyak zaitun dan tambahkan air secukupnya
2. campurkan semua hingga rata dan oleskan pada tubuh
untuk hasil maksimal lakukan 1 minggu sekali :)

oke, semoga informasi ini bisa menambah referensi kalian, see you next post byebye !

Unknown

A Freelance Writer, CreativePreneur, Multi talented Woman, A risk taker, Beauty Enthusiats, A hardworker!

3 komentar:

leniwijayanti mengatakan...

baru tau kalau kunyit punya banyak manfaat ^^ salam kenal ya

Agung N P mengatakan...

Sumber Daya Alam Indonesia kaya akan manfaat ya :D

Unknown mengatakan...

hallo @_cahsolo_ dan leniwijayanti
terimakasih ya sudah mampir dan meninggalkan komentar.

@_Cahsolo_ iya indonesia memang luar biasa.

@leniwiyanti salam kenal juga, blogwalking lagi ya :)